Home » , , , , , , , , » Membuat Aplikasi Penjualan Part9 ( Membuat Nota dengan FastReport)

Membuat Aplikasi Penjualan Part9 ( Membuat Nota dengan FastReport)

Unknown | 9:15 PM | 25comments
Akhirnya ada waktu juga untuk meneruskan artikel ini. hampir sebulan artikel ini gak update, karena ngerjain project gak selesai-selesai ... hehhe.

Artikel ini akan membahas pembuatan nota menggunakan fastereport, walaupun banyak cara untuk pembuatan nota, tapi saya lebih senang dengan fastreport karena kemudahaan dalam ketika mendesain nota.

Langsung saja langkah-langkah pembuatannya.

1. Tambahkan 2 Komponen ZQuery dan 2 Dataset seperti gambar dibawah ini.

Nota Penjualan

2. Mengatur property SQL pada Qpenjualan. Lihat gambar dibawah


3. Mengatur Property SQL Pada QdetailPenjualan. Lihat gambar dibawah



4. Menambahkan komponen fastreport . 1 FrxReport dan 2 FrxDBDataset


5. Mengatur Properti FrxDBDataset ( Data Penjualan ).

NotaPenjualan

6. Mengatur Properti pada DetailPenjualan

Nota Penjualan

7. Membuat Desain Nota ( Klik 2 kali pada komponen FrxReport1) 

Nota Penjualan

8. Menambahkan Dataset pada master Data dan detail data

Nota Penjualan


9. Menamabahkan TFrxMemoView untuk menampilkan Data Penjualanya. buat  format Sepert gambar dibawah.


Nota Penjualan

10. Setelah semua sudah diseting kemudian simpan dalam folderaplikasi\laporan\nota.fr3.
11. Preview Nota seperti pada gambar dibawah ini.



12. Pemanggilan pada form penjualan.

 -Tambahkan procedure cetakNota. lihat gambar

- Tekan Ctrl+shift+C. Kemudian tambahkan kode dibawah ini.

procedure TFpenjualan.CetakNota;
begin
  with dm.Qpenjualan  do
  begin
     Close;
     SQL.Clear;
     SQL.Add('select * from tb_penjualan where kodepenjualan="'+Enotapenjualan.Text+'"');
     Open;
  end;
  DM.QdetailPenjualan.Active:=False;
  DM.QdetailPenjualan.Active:=True;
  dm.frxReport1.LoadFromFile(ExtractFilePath(Application.ExeName)+'Laporan\nota.fr3');
  dm.frxReport1.ShowReport();
end;

- pada tombol simpan sisipkan kode dibawah ini.


13. Proses pembuatan nota sudah selesai. kemudian jalankan program. kemudian lakukan proses transaksi penjualan.

Share this article :

25 comments:

Unknown said...

bang, kok sourcodenya ga bisa disedot ya? mohon bantuanya... maturnuwun

Unknown said...

Sudah saya benerin gan ...
silahkan download lagi ...

Muh Lubabuddin said...

bankg,bole minta yang projecknya yang lengkap ngak biar bisa lihat design nya, Email aja ya lubab.uddin@gmail.com. kalo boleh makasih

1ch4L_MPM said...

Mas Joko, tolong contoh program + source code Aplikasi yg lengkap, dikirim ke e-mail : michalmpm@gmail.com
trims..

Unknown said...

master saya minta source code lengkapnya ya :D
sama minta akun facebooknya

ni ghufronkhim@gmail.com
apa bisa di pakai di delphi 7 1? master?

saya masih newbie

Unknown said...

semoga sukses

Fitrah Ramdan said...

boleh minta projeknya yg lengkap gk bang , saya msih pemula nih pengen belajar ,,,
kalo boleh emailin k fitrahramdan@live.com ...:)
makasih semoga mkin sukses ... :)

Unknown said...

terimasih mas artikelnya bagus2 banget
saya pengen buat aplikasi absensi dengan menggunakan barcode dan sidik jari
mohon pencerahannya gan

Wahyoe_S said...

Boleh kirim projectnya gak mas,
Pemula Butuh pencerahan nih,
e-mail saya: wahyoe.s571@gmail.com

Unknown said...

programnya sangat membantu bang bisa minta pass nya bang ini email saya rizabuana05@gmail.com

Unknown said...

gan saya boleh minta projectnya lengkap,, program ini membantu sya untuk mengerjakan tugas akhir saya..
email ke evaipeh76@gmail.com
makasih gan saya tunggu..

s said...

bermanfat bnget gan please kirim ke eamil ene gan..
alfi_zp@ymail.com

Unknown said...

boleh mnta aplikasinya gk mas? buat referensi belajar. sekalian mnta password untuk download dong mas. email : amannetbeans@gmail.com

ADE said...

gan bisa kirimkan saya source code project yang lengkap, untuk bahan pembelajaran
ade.trip21@gmail.com

terima kasih

Unknown said...

gan klo notanya seperti di mini market gmn? itu kan ga ada ukuran kertasnya...!

Unknown said...

Gan tanya dong kalo print out notanya auto cutter gumana caranya ya?

KIA SECURINDO said...

gan, source kode lengkapnya bisa download dmana? atau bisa email ke stokis.stevythio@gmail.com

Unknown said...

Jika panjang yang harus dicetak berbeda-beda, gimana settingnya ? Kebetulan lagi ngutak-ngatik program penjualan barang

Unknown said...

gan saya boleh minta projectnya lengkap,, program ini membantu saya untuk mengerjakan tugas akhir saya..
email ke riyadisalamat90@gmail.com
makasih banyak gan saya tunggu..

Cord Gitar said...

Laporan laba ruginya mana mas joko..

REEDNIV said...

Broken link Mas,

hanafis said...

bang link nya rusak semua source kode nya dari part 1 sampai part sembilan
mohobantuan nya bg

Unknown said...

Bg mohon bantuan projek lengkapnya Rinaldipku53@gmail.com

St. Nanang Dwianto said...

Trimakasih sudah berbagi, saya bisa belajar banyak.

Unknown said...

maaf mas, saya boleh minta projectnya lengkap, program ini membantu saya untuk mengerjakan tugas akhir saya ..
email ke r.alpian69@gmail.com
makasih mas joko saya tunggu ..
sukses dan jaya selalu mas Joko (Y)

 
Copyright © 2011. TUTORIAL DELPHI DAN DATABASE - All Rights Reserved